Minggu, 27 Maret 2011

Tugas Diskusi Pertemuan 3


Konstruksi Algoritma perjalanan dari bangun tidur sampai dengan hadir kuliah.

Sabtu, 19 Maret 2011

Tugas Algoritma Latihan Individu

1.
Membuat algoritma dan program untuk mencari titik tengah sebuah garis yang ujung titiknya adalah A(x1,y1) dan B(x2,y2).
  Inputannya    : x1, x2, y1, y2
  Prosesnya     : xa <= (x1 + x2 )/2
                        ya<= (y1 + y2 )/2
  Keluarannya : a,b

Penggunaan dalam program c++


#include <iostream.h>
int main(){
int a,b,x1,x2,y1,y2;

cout<<"Mencari titik tengah dari x1,x2 dan y1,y2:"<<endl;
cout<<"masukan nilai x1 :";
cin>>x1;
cout<<"masukan nilai x2 :";
cin>>x2;
cout<<"masukan nilai y1 :";
cin>>y1;
cout<<"masukan nilai y2 :";
cin>>y2;

a=((x1+y1)/2);
b=((x2+y2)/2);
cout<<"Titik tengah dari garis X = "<<  a <<endl;
cout<<"Titik tengah dari garis Y = "<<  b <<endl;

return 0;
}

Hasil esekusinya :


2.  
Algoritma dan program untuk memisahkan bilangan integer yang kurang dari 1000 menjadi komponen - komponennya.

inputannya    : x
prosesnya      :
                             a/100= a1
                             a mod 100= b
                             b/10=b1
                             b mod 10=c
                             c/1=c1
keluarannya : tulis (Ratusan, Puluhan, Satuan)

penggunaan dalam program c++
#include <iostream.h>
int main()
{
int a, a1, b, b1, c, c1;

cout<<"masukan angka:";
cin>>a;

a1=a/100;
b=a%100;
b1=b/10;
c=b%10;
c1=c/1;

cout<<"Penjabarannya : "<<endl;
cout<<a1<<" "<<"ratusan"<<endl;
cout<<b1<<" "<<"puluhan"<<endl;
cout<<c1<<" "<<"satuan"<<endl;

return 0;
}

Hasil esekusinya :

3.
Algoritma dan program untuk menghitung determinan matriks berordo 2x2

 inputannya   : a, b, c, d, dm
 prosesnya    : dm=(a*b)-(c*d)
 keluarannya : determinan


Penggunaan dalam program c++


#include <iostream.h>
int main(){
int a,b,c,d,dm;

cout<<"masukkan nilai a : ";
cin>>a;
cout<<"masukkan nilai b : ";
cin>>b;
cout<<"masukkan nilai c : ";
cin>>c;
cout<<"masukkan nilai d : ";
cin>>d;

dm=(a*b)-(c*d);

cout<<"nilai determinan = "<<dm<<endl;

return 0;
}

Hasil esekusinya :
 

Senin, 14 Maret 2011


Algoritma Pengambilan Uang Tabungan

1.       Datang ke bank tujuan
2.       Masuk ke bank
3.       Ambil kertas blanko untuk pengambilan uang
4.       Mengisi blangko dengan ketentuan :
a.       Menulis nama lengkap nasabah
b.      Mengisi No.rekening
c.       Mencantumkan tanggal pengambilan
d.      Menulis  jumlah nominal yang akan diambil
e.       Menulis jumlah bilangan uang yang akan diambil
f.        Mencantumkan tanda tangan nasabah
5.       Mengambil No.urut antrian
6.       Menunggu giliran No.antrian dipanggil
7.       Menuju ke teller dan menyerahkan blanko yang telah diisi
8.       Menerima jumlah uang yang telah ditulis oleh nasabah
9.       Proses selesai
10.   Keluar bank

Minggu, 13 Maret 2011

Belajar Program

PERULANGAN
Perulangan (looping) adalah suatu bagian yang bertugas melakukan kegiatan mengulang suatu proses sesuai dengan yang di inginkan. Banyak aplikasi perangkat lunak yang melakukan pekerjaan berulang-ulang sampai sebuah kondisi yang diinginkan, oleh karena itu perulangan merupakan bagian yang penting dalam pemrograman karena dengan adanya perulangan pembuat program tidak perlu menulis kode program sebanyak perulangan yang diinginkan.

Perulangan mempunyai beberapa bagian yang harus dipenuhi yaitu inisialisasi, kondisi, dan update.

Disini ada satu contoh perulangan menggunakan pernyataan For

  • Perulangan For
Perulangan menggunakan for biasanya digunakan untuk perulangan yang sudah jelas perlu dilakukan berapa kali dengan kata lain jumlah perulangan yang dibutuhkan sudah diketahui oleh pembuat program.
Deklarasi penggunaan perulangan for :


Keterangan :
  • Inisialisasinya pada no 1-7
  • Kondisinya pada nomor 8
  • Updatenya i++

Belajar Bahasa Pemrograman C++

Belajar Bahasa Pemrograman Dengan C++

Bahasa pemrograman C++ adalah pengembangan dari bahasa pemrograman C sebagai pendahulunya yang termasuk dalam bahasa pemrograman level tengah (middle level) yang berarti merupakan campuran elemen bahasa pemrograman level tinggi (highest level) dan bahasa pemrograman level rendah (lowest level).


Berikut ini adalah contoh bahasa pemrograman C++ dengan algoritma membuat secangkir susu panas yang telah dibuat sebelumnya.

Belajar Algoritma

Pengenalan Algoritma

Apa yang dimaksud dengan algoritma, algoritma beratrti solusi. Ketika orang berbicara mengenai algoritma di bidang pemrograman maka yang dimaksud adalah solusi dari suatu masalah yang harus dipecahkan dengan menggunakan komputer. Algoritma harus dibuat secara runtut agar komputer mengerti dan mampu mengeksekusinya. Analsis khasus sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah algoritma, misalnya proses apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang harus diselesaikan. Senagai contoh bila kita ingin membuat secangkir kopi susu panas maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
   1.Menyiapkan cangkir dan sendok
   2.Menyiapkan susu bubuk atau susu kental manis
   3.Menyiapkan gula
   4.Menyiapkan air panas
Keempat tahapan di atas dianggap sebagai tahapan inisialisasi atau tahapan untuk membuat secangkir susu panas. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat secangkir susu panas itu sendiri yang dianggap sebagai tahapan proses. Langkah-langkah yang harus dilakukan berikutnya adalah :
   5.Memasukan susu bubuk atau susu kental manis ke dalam cangkir
   6.Memasukan gula ke dalam cangkir
   7.Memasukan air panas ke dalam cangkir
   8.Mengaduk susu panas dalam cangkir
   9.Susu panas siap untuk dinikmati



 
Copyright (c) 2010 Algoritma dan Pemrograman. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And Web Hosting Reviews.